You are here
Home > Berita > Ir. Wawan Widianto Membuka Acara Seminar dan Sosialisasi Hasil Kaji Terap Budidaya Tembakau Lahan Tegal dan Lahan Sawah

Ir. Wawan Widianto Membuka Acara Seminar dan Sosialisasi Hasil Kaji Terap Budidaya Tembakau Lahan Tegal dan Lahan Sawah

Blitar.Kab Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, Ir. Wawan Widianto membuka acara “Seminar dan Sosialisasi Hasil Kaji Terap Budidaya Tembakau dengan Spesifik Lahan Tegal dan Lahan Sawah” (Sistem Monokultur dan Tumpanggilir dengan Bawang Merah). (24/11/2020)

Sebagai sentra budidaya tembakau di Jawa Timur, Kabupaten Blitar mempunyai dua jenis lahan pertanaman tembakau, yaitu lahan tegal dan lahan sawah. Petani berharap dapat menanam tembakau secara tumpanggilir dengan bawang merah, namun informasi tentang pola tumpangsari tersebut belum banyak dikaji. Di sisi lain, petani lahan kering berharap dapat mengembangkan tembakau yang sesuai dengan kondisi lahan kering. Oleh karena itu perlu dikaji tentang kesesuaian tembakau semi aromatis di lahan kering dan budidaya tembakau pola tumpangsari di lahan sawah tersebut. Kegiatan ini difokuskan untuk memperoleh teknologi pendukung (yaitu pemupukan) untuk tembakau di lahan tegal dan di lahan sawah (dalam pola monokultur dan tumpangsari dengan bawang merah).

         Seminar dan Sosialisasi hasil Kaji Terap Tembakau (24/11/2020)

Tujuan dari kegiatan kaji terap pengolalaan pupuk spesifik lokasi ini adalah:
1. Mengetahui pengaruh pupuk organik vermikompos dan dosis pupuk N terhadap tembakau semi aromatis di lahan kering.
2. Menentukan dosis pupuk organik vermikompos dan pupuk N untuk tembakau Virginia di lahan sawah dengan pola tanam monokultur.
3. Menentukan dosis pupuk organik vermikompos dan pupuk N untuk tembakau Virginia di lahan sawah dengan pola tanam tumpangsari dengan bawang merah.

Sebagai pemateri dari kegiatan ini Ibu Sulis Nur Hidayati (Peneliti dari Balai Penelitian Pemanis dan Serat Malang). Harapannya kegiatan ini menjadi pertimbangan petani untuk bidang pertembakauan di Kabupaten Blitar kedepannya.

Top