You are here
Home > Berita > Monitoring Produksi dan Harga Cabai oleh Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura di Ponggok Kabupaten Blitar

Monitoring Produksi dan Harga Cabai oleh Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura di Ponggok Kabupaten Blitar

Pada hari Kamis, 7 Januari 2021 Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikukultura Ir. Bambang Sugiharto, M.ENG.Sc melakukan kunjungan ke Kabupaten Blitar sebagai salah satu sentra cabai di Jawa Timur. Kunjungan ini dimaksudkan untuk monitoring produksi dan harga cabai di tingkat petani dan pedagang. Kunjungan ini dilaksanakan di desa Bacem, Kecamatan Ponggok.

Pada kunjungan tersebut di dapatkan bahwa sebagian besar tanaman cabai terserang virus kuning karena curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan produksi cabai tidak maksimal karena cabai menjadi mudah busuk.

Salah satu usaha memutus rantai penyebaran virus ini dapat dilakukan dengan menggunakan benih cabai yang tidak sama dengan benih sebelumnya.

Monitoring Produksi dan Harga Cabai di Kabupaten Blitar

Pantauan harga pada saat itu ditingkat petani sekitar 56 ribu rupiah, tetapi petani tidak maksimal produksinya karena tanamannya terserang penyakit.

Pada kesempatan tersebut bapak Direktur juga mensosialisaikan beberapa program/kegiatan untuk meningkatan mutu hasil hortikultura di wilayah Indonesia tahun 2021 antara lain kegiatan subsidi biaya transport, pengadaan cold storage, dome pengering dan lain-lain.

Salah satu bentuk subsidi biaya transport yaitu pengiriman cabai melalui truk berpendingin yang baru saja dimiliki Kementan RI yang nantinya bisa digunakan untuk mengirimkan cabai ke pembeli di Jakarta tanpa biaya. Kegiatan ini diharapkan dapat menguntungkan semua pihak baik petani, pedagang maupun konsumen.

Top