You are here
Home > Berita > Mengenal Alpukat Si Jago dari Kabupaten Blitar

Mengenal Alpukat Si Jago dari Kabupaten Blitar

Kabupaten Blitar merupakan daerah yang cocok untuk budidaya segala macam buah-buahan tropis salah satunya alpukat.  Hampir semua Kecamatan di Kabupaten Blitar ada tanaman alpukat.  Kecamatan yang saat ini menjadi sentra tanaman alpukat adalah Kecamatan Ponggok, Nglegok, Kanigoro, Talun, Srengat dan Wonodadi. Upaya peningkatkan produksi, kualitas buah alpukat melalui perbaikan teknologi budidaya dengan menggunakan varietas unggul nasional, sertifikasi benih serta mendaftarkan calon varietas alpukat sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar bekerja sama dengan UPT PSBTPH Provinsi Jawa Timur.

alpukat si jago blitar

Urgensi dari keunggulan varietas alpukat Si Jago ini agar Kabupaten Blitar dapat memiliki varietas alpukat secara legal  yang didaftar oleh Menteri Pertanian, sehingga dalam mengembangkan dan mengedarkan benihnya tidak menyalahi   peraturan   dan   perundangan  yang berlaku serta mempertahankan plasma nutfah varietas unggul lokal.

Alpukat Si Jago milik  Pak Mesiyatdi Dusun Jagoan Desa Ponggok Kecamatan Ponggok  Kabupaten Blitar ini, tidak pernah dipasarkan sampai di tingkat tengkulak apalagi dijual di pasaran bebas.  Pada umumnya bagi penggemar alpukat pasti datang untuk memesan terlebih dulu. Secara visual memang kulit alpukat ini cukup menarik, bisa dilihat dari bentuk buah, ketebalan daging, dan rasa. Alpukat Si Jago ini bertekstur halus dengan rasa gurih  dan manis.

Daging Buah Alpukat Si Jago Blitar

Berdasar pada penilaian dan pengamatan serta animo masyarakat  tentang alpukat  varietas Si Jago, dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Kandungan air 85,5 %, Kadar gula 2,81 %, Kandungan lemak 5,61 %, Kadar protein 1,13  %, Kadar serat 2,18 %
  2. Penciri utama : Bentuk buah bulat panjang, warna kulit buah muda: Hijau , Warna kuli buah masak: Merah kecoklatan dan warna daging buah: kuning mentega.
  3. Keunggulan : Berat per buah tinggi 735-996  gram, produktivitas tinggi bisa mencapai 750 -900 kg, bagian buah yang bisa dikonsumsi tinggi yaitu 70 – 78 %
  4. Nomor registrasi PIT : Ap.Si Jago/JTM/0.003/302/2010, umur 12 tahun
  5. Dalam penyediaan dan pengembangan benihnya diharapkan melalui prosedur dan proses sertifikasi benih.
  6. Beradaptasi dengan baik  di dataran rendah sampai dataran medium di dengan altitude 162 – 500 dpl.
  7. Dukungan dari Pemerintah  Daerah Kabupaten Blitar, Dinas Pertanian Kabupaten Blitar, Produsen /penangkar Benih dan pemilik pohon induk dalam pengembangan sentra –sentra alpukat sangatlah dibutuhkan.

Alpukat Si Jago ini melalui kegiatan pengembangan kawasan buah tahunan di Dinas Pertanan dan Pangan Kabupaten Blitar telah diberikan bantuan Benih Alpukat Varietas Si Jago ini di beberapa kecamatan yang akan diproyeksikan sebagai kawasan sentra Alpukat.

Sejak dilepas tahun 2011 sebagai varietas Unggul Alpukat Si jago ini telah berkembang meskipun tidak secara besar-besaran, kebutuhan akan buah segar Alpukat Si Jago ini masih sangat kurang , sehingga konsumen yang menginginkan buah ini harus pesan terlebih dahulu.

Perkembangan benih Alpukat Si Jago ini setiap tahunnya semakin meningkat dalam produksi benihnya yang berlabel dan bersertifikat, rata-rata setiap tahunnya diajukan sertifikasi benih antara 5.000 – 10.000 batang. Untuk Tahun 2020 ini diajukan sertifikasi 20.000 batang.

Benih Alpukat Si Jago Blitar

Alpukat Si Jago ini pernah diikutkan dalam lomba Buah Unggul Nasional pada tahun 2013-2014 oleh majalah Trubus di Jakarta dan menjadi pemenangnya. Dengan sudah dikenalnya Alpukat Si Jago ini , selain sudah didaftarkan di kantor PVT juga menjadi salah satu buah unggulan Kabupaten Blitar.

Keunggulan Alpukat Si Jago, antara lain:

  1. Ukuran Buah Besar rata-rata 6-8 ons/buah.
  2. Rasa Gurih Berpadu Manis.
  3. Warna Daging Kuning Mentega.
  4. Daging Lembut Tidak Berserat.
  5. Daging Tebal Biji Kecil.
  6. Kulit Tipis dan Lentur.
  7. Mudah Dikupas saat Buah Masak.
  8. Penampilan Menarik.
  9. Umur Produksi Genjah, umur 2,5 tahun sudah berbuah.

Untuk pengembangan dan memperkenalkan Alpukat Si Jago ini selain adanya kegiatan pengembangan kawasan Buah Tahunan di Dinas Pertanian Kabupaten Blitar, dari produsen sendiri juga menjualnya ke petani ataupun penggemar alpukat baik di Kabupaten Blitar maupun kabupaten sekitarnya, misalnya Kabupaten Kediri dan Kabupaten Tulungagung. Apabila Benih yang dibeli atau berasal dari Produsen Tunas Harapan Blitar, maka akan dilakukan pengawalan dari tanam sampai dengan berbuah, dan hasil buahnya siap dibeli oleh Produsen tersebut.

Artikel oleh Hari Mularsono.

 

LAMPIRAN KEPUTUSAN MENTERI PERTANIAN

NOMOR : 1842/Kpts/SR.120/4/2011

TANGGAL : 8 April 2011

Deskripsi Alpukat Varietas Si Jago

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [121.54 KB]

 

Top